Segala puji hanyalah milik Allah. Shalawat dan salam untuk Rasulullah. Amma ba’du.

Saudaraku seislam yang muliakan, semoga Allah memberikan kepada kita kefahaman dan manfaat dari hadits Rasulullah ~shallallahu ‘alaihi wa sallama~ berikut :

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ –رضي الله عنه- قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ -صلى الله عليه وسلم- إِنَّ مِمَّا يَلْحَقُ الْمُؤْمِنَ مِنْ عَمَلِهِ وَحَسَنَاتِهِ بَعْدَ مَوْتِهِ عِلْمًا عَلَّمَهُ وَنَشَرَهُ وَوَلَدًا صَالِحًا تَرَكَهُ وَمُصْحَفًا وَرَّثَهُ أَوْ مَسْجِدًا بَنَاهُ أَوْ بَيْتًا لاِبْنِ السَّبِيلِ بَنَاهُ أَوْ نَهْرًا أَجْرَاهُ أَوْ صَدَقَةً أَخْرَجَهَا مِنْ مَالِهِ فِى صِحَّتِهِ وَحَيَاتِهِ يَلْحَقُهُ مِنْ بَعْدِ مَوْتِهِ.

Dari Abu Hurairah ~radhiyallahu ‘anhu~ bahwasanya Rasulullah ~shallallahu ‘alaihi wa sallama~ bersabda : “Sesungguhnya di antara amal dan kebaikan seorang mu’min yang pahalanya bisa sampai kepadanya setelah kematiannya adalah :

☑️ 1. Ilmu yang ia ajarkan dan sebarluaskan,

☑️ 2. anak yang shaleh yang ia tinggalkan,

☑️ 3. mush-haf Al Qur’an yang ia wariskan atau

☑️ 4. masjid yang ia bangun, atau

☑️ 5. rumah yang ia bangun untuk ibnu sabil (orang yang dalam perjalanan),

☑️ 6. atau sungai yang dialirkannya, atau

☑️ 7. sedekah yang ia keluarkan dari hartanya saat sehat dan semasa hidupnya.

Maka pahalanya semuanya itu akan bisa ia dapatkan setelah wafatnya.”

[HR. Ibnu Majah ~rahimahullahu~ dalam sunannya no. 249, Maktabah Syamilah. Hadits ini dinilai hasan oleh Syaikh Al Albani ~rahimahullahu~ dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibni Majah no. 242, Shahih at-Targhib wat Tarhib no. 77, 112 dan 275, Shahih al-Jaami’ no. 2231, Maktabah Syamilah]

Iklan