Ketika Angin Menakutkanmu..

Ibnu_Mukhtarہﮩ

Segala puji hanya milik Allah. Shalawat dan salam untuk Rasulullah. Amma ba’du!

Dari Aisyah isteri Nabi ~shallallahu ‘alaihi wa sallama~, bahwa ia berkata; “Apabila ada angin bertiup kencang sekali, maka Nabi ~shallallahu ‘alaihi wa sallama~ biasanya membaca:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

“ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA KHOIROHAA WA KHOIRO MAA FIIHAA WA KHOIRO MAA URSILAT BIH(I) WA A’UUDZU BIKA MIN SYARRIHAA WA SYARRI MAA FIIHAA WA SYARRI MAA URSILAT BIH(I)”

Artinya :

Ya Allah, sungguh, aku memohon kepada-Mu kebaikan angin, kebaikan yang dikandungnya, dan kebaikan yang dibawanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan yang ada di dalamnya dan keburukan yang dibawanya.

Apabila langit gelap berawan, maka beliau akan kelihatan pucat, keluar masuk rumah, ke depan dan ke belakang. Dan jika hujan turun, beliau pun merasa lega, dan hal itu dapat diketahui dari raut wajahnya. Aisyah berkata; Saya menanyakan hal itu pada beliau, maka beliau berkata: “Wahai Aisyah, kalau cuaca seperti ini, saya khawatir jangan-jangan akan terjadi seperti apa yang diungkapkan oleh kaum ‘Aad, ‘Maka tatkala mereka melihat azab itu berupa awan yang menuju ke lembah-lembah mereka, berkatalah mereka: ‘Inilah awan yang akan menurunkan hujan kepada kami.”

[HSR. Muslim ~rahimahullahu~ dalam Shahihnya no. 2122]

Nah, jika kita melihat dan merasakan angin kencang dan menakutkan maka bacalah doa di atas.

Wallahu a’lam

Wa shallalllahu wa sallama ‘alaa Nabiyyinaa Muhammad

Iklan