โ€œYa Allah berikanlah makanan ini untuk hamba yang Engkau cintai dan ia mencintai-Mu.โ€

๐Ÿ“ Ibnu Mukhtar

Segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam untuk Rasulullah. Amma baโ€™du.

Saudaraku seislam yang saya muliakan, semoga Allah Taโ€™aala memberikan kepada kita kefahaman dan manfaat dari salah satu hadits Rasulullah ~shallallahu โ€˜alaihi wa sallama~ berikut :

ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉ ุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠู‡ูŽุง ุŒ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ูŠูŽุฏูŽูŠู’ู‡ู ุทูŽุนูŽุงู…ูŒ ุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู… ุณูู‚ู’ ุฅูู„ูŽู‰ ู‡ูŽุฐุง ุงู„ุทู‘ูŽุนูŽุงู…ู ุนูŽุจู’ุฏู‹ุง ุชูุญูุจู‘ูู‡ู ูˆูŽูŠูุญูุจู‘ููƒูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ููŽุทูŽู„ูŽุนูŽ ุณุนุฏ ุจู† ุฃุจูŠ ูˆู‚ุงุต

Dari โ€˜Aisyah binti Saโ€™ad dari ayahnya bahwasanya Nabi ~shallallahu โ€˜alaihi wa sallama~ pernah berada di depan makanan. Nabi ~shallallahu โ€˜alaihi wa sallama~ berdoa :

ุงู„ู„ู‡ู… ุณูู‚ู’ ุฅูู„ูŽู‰ ู‡ูŽุฐุง ุงู„ุทู‘ูŽุนูŽุงู…ู ุนูŽุจู’ุฏู‹ุง ุชูุญูุจู‘ูู‡ู ูˆูŽูŠูุญูุจู‘ููƒูŽ

โ€œYa Allah berikanlah makanan ini untuk hamba yang Engkau cintai dan ia mencintai-Mu.โ€

Tiba-tiba muncullah Saโ€™ad bin Abi Waqash ~radhiyallahu โ€˜anhu~

[HR. Al Bazar ~rahimahullahu~. Syaikh Al Albani ~rahimahullahu~ memasukkan hadits ini dalam kumpulan hadits-hadits shahih karyanya. Lihat Ash Shahihah jilid 7 bagian kedua no. 3317, Maktabah al-Maโ€™aarif]

Saudaraku seislam yang saya muliakan, jika kita renungi hadits yang mulia ini sungguh di dalamnya mengandung berbagai pelajaran penting untuk hidup dan kehidupan kita. Di antaranya :

1. Berdoa kepada Allah agar suatu keinginan yang ada pada diri kita disampaikan kepada orang yang kita harapkan termasuk amalan yang dicontohkan oleh Rasulullah ~shallallahu โ€˜alaihi wa sallama~. Hal ini disimpulkan dari doa beliau (yang artinya) : โ€œYa Allah berikanlah makanan ini untuk hamba yang Engkau cintai dan ia mencintai-Mu.โ€ Oleh karena itu jika di antara kita punya niyat baik memberikan rumah, mobil, motor, uang atau pemberian lainnya kepada seseorang, sedangkan kita berharap apa yang kita berikan itu menjadi pahala yang diterima Allah maka kita bisa saja mencontoh doa Nabi kita itu. Misalnya ya Allah berikan uang ini kepada orang yang Engkau cintai dan ia mencintai-Mu..

2. Hadits yang mulia ini menunjukkan salah satu keajaiban atau manfaat dari doa yang dipanjatkan.

3. Hadits yang mulia ini menunjukkan keutamaan Saโ€™ad bin Abi Waqash ~radhiyallahu โ€˜anhu~ sebagai orang yang masuk dalam doa Nabi ~shallallahu โ€˜alaihi wa sallama~ itu.

Wallahu aโ€™lam

Demikian dapat disampaikan. Semoga bermanfaat

Iklan