Ada 8 Kunci Barokah:

1. Tilawatul Qur’an
Allah SWT berfirman ” Dan al Qur’an ini Kitab yang Kami turunkan yang diberkati …” (QS. al-An’am : 155). Allah menjadikan al Qur’an barokah ketika berusaha menghayati bacaannya dan berjalan menurut ajarannya dalam semua aspek kehidupan.
Karena itu Nabi kita yg mulia saw. berkomentar ttg rumah yg dibacakan al Quran di dalamnya , “Ia didiami Malaikat dan setan keluar darinya, membawa kelapangan hati bagi penghuninya dan melimpah berbagai kebaikan di dalamnya.

2. Basmalah dan Dzikrullah
Rasulullah saw. bersabda, “Ketika seseorang memasuki rumahnya dengan menyebut Nama Allah, maka syetan berkata pada teman2nya: “Wah tidak ada tempat menginap tidak pula makanan buat kita!”

3. Shodaqoh
Diantara kunci barokah adalah shodaqah khususnya ’shodaqah tersembunyi’, ia akan memadamkan murka Allah SWT.

4. Silaturahim
Nabi saw. telah memberitahu kita bahwa silaturahim, akhlak yg bagus dan baik bertetangga itu menambah rizki dan memanjangkan umur.

5. Lebih pagi dlm mencari rizki
Disebutkan dalam Hadits, “Diberkahi-Nya umatku ’di waktu paginya’.” Yakni, keluar pagi sekali untuk mencari rizki.

6. Mendirikan Sholat
Mengerjakan sholat di waktunya. Allah SWT berfirman, “Dan perintahkan keluargamu untuk mengerjakan shalat dan bersabarlah untuk itu. Kami tidak meminta rizki kepadamu; Kamilah yg memberimu rizki. Dan akibat yang baik hanyalah untuk ketaqwaan”. (QS. Thaha : 132).

7. Tawakkal dg sebenarnya
Sebagaimana tersebut dlm hadits, “Seandainya kalian benar-benar bertawakkal kepada Allah, niscaya kalian akan diberi rizki seperti burung. Burung- burung itu berangkat di pagi hari dengan perut kosong dan kembali di sore hari dengan perut kenyang.”

8. Istighfar yg rutin
Adapun istighfar, ia sendiri merupakan sumber rizki : Barangsiapa menetapi istighfar, Allah akan menjadikan baginya jalan keluar dari setiap kesulitan, kelegaan dari setiap kerisauan hati, serta dikaruniai-Nya rizki dengan cara yg tak terduga.

Iklan