📚MUTIARA RUQYAH SYAR’IYYAH BAG. 03
☝🏻Asal Muasal Penciptaan Jin?
🔹 Banyak sekali ayat Al-Qur’an dan dan hadits Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang secara pasti dan akurat menunjukkan bahwa bangsa jin diciptakan dari api. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: 
والجان خلقناه من قبل من نار السموم (٢٧)
“Dia menciptakan jin dari nyala api.” (Ar-Rahman: 15).
🔹 Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘Anhu mengatakan, maksud “dari nyala api” pada ayat di atas adalah “dari nyala api yang murni”. Dalam riwayat lain, Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘Anhu mengatakan, maksudnya adalah dari ujung jilatannya. (Tafsir Ibnu Katsir: 4/271). 
 Allah berfirman lagi:
والجان خلقناه من قبل من نار السموم (٢٧)
“Dan kami telah menciptakan para jin sebelum ( Adam) dari api yang sangat panas.” (Al-Hijr: 27).
قال ما منعك الا تسجد اذ امرتك، قال انا خير منه خلقتنى من نار وخلقته من طين (١٢)
“Iblis berkata, ‘Aku lebih baik darinya (Adam), Engkau menciptakan aku dari api sementara Engkau menciptakannya dari tanah liat.” ( Al-A’raf: 12).
🔹 Bila ada orang masih menyanggah, “Bagaimana Anda bisa menjadikan perkataan iblis sebagai dalil?” Bukankah dia adalah pendusta?”
🔹 Jawabnya, “Sesungguhnya yang menjadi dalil bukan terletak pada perkataan Iblis itu sendiri, tetapi pada penetapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepadanya akan hal itu. Sebab, Allah tidak akan menetapkan sesuatu yang batil.”
🔹 Imam Muslim dan Ahmad meriwayatkan dari Ummul Mukminin Aisyah Radhiyallahu ‘Anha yang berkata, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Para malaikat diciptakan dari cahaya; bangsa jin diciptakan dari nyala api; dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah digambarkan kepada kalian (tanah liat).” (HR Imam Muslim: (18/123 – Syarh An-Nawawi). Wallahu ‘Alam bishawab
—————

Iklan