WAHAI SAUDARA DAN SAUDARIKU SEMUA, PERHATIKANLAH SHOLATMU….!!!————————————–
بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة و السلام على رسول الله و على آله و صحبه أجمعين, أما بعد :
Al-Iman Ibnul Qoyyim Rohimahullaah menyebutkan :

“Bahwa manusia di dalam sholat terbagi menjadi 5 macam” :
🌴. Orang yang disiksa/mu’aaqobun

Allah menyiksanya karena sholatnya.

Yaitu orang yang tidak sungguh-sungguh, tidak berwudhu dengan baik, tidak melaksanakan rukun-rukun, kewajiban-kewajiban dan syarat-syarat sholat, bahkan sejak awal dia melakukan sholat hingga selesai sholat, dia tidak tahu apa yang telah dia baca di dalam sholatnya.
🌵. Orang yang dihisab/muhaasabun.

Yaitu orang yang sholat dengan menunaikan rukun-rukun, kewajiban-kewajiban dan syarat-syarat sholat, Akan tetapi sejak awal mulai sholat hingga selesai, dia sama sekali tidak sadar dengan apa yang telah dia ucapkan, Dia biarkan pikirannya sibuk memikirkan dunia, sampai dia mengucapkan salam, bahkan dia sangat ingin agar sholatnya cepat berakhir, agar dia dapat segera menyelesaikan kebutuhannya.
🎋. Orang yang diampuni/mukaffarun.

Yaitu orang yang mengerjakan sholat sesuai dengan rukun-rukun, kewajiban-kewajiban serta syarat-syarat sholat.

Namun sejak memulai sholat hingga selesai, terus menerus dia berusaha melawan hawa nafsunya dan syaithonnya agar hatinya tidak berpaling, hal inilah yang membuat Allah mengampuni dosa-dosanya.
🌹. Orang yang diberi pahala/mutsaabun.

Yaitu orang yang mengerjakan sholat lengkap dengan rukun-rukun, kewajiban-kewajiban dan syarat-syarat nya serta sunnah-sunnahnya disertai dengan khusyu’. Maka Allah akan memberi pahala untuknya karena sholatnya.
💐. Orang yang didekatkan/muqorrobun.

Alloh akan mendekatkannya kepada-Nya karena sholatnya. Adalah tingkatan tertinggi, yaitu orang yang sholat sesuai dengan rukun-rukun, kewajiban-kewajiban, syarat-syarat serta sunnah-sunnah sholat dan khusyu’ ketika melakukannya juga dia merasakan bahwa Alloh mengawasinya.
🍃Diringkas dari Alwabilus shoyyib, hal 40-50 .
Wallaahu a’lam Bish Showwaab

Wallaahi Walyyut Taufiiq
🌼🌼🌼

Semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua, serta bisa sebagai acuan untuk senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat, Rizqi yang Halal lagi Baik dan amalan yang diterima serta memperbaiki amal kita di atas sunnah Nabi Shollallaahu ‘Alaihi Wa Sallaam dan Tidak berbicara agama dengan menggunakan Akal dan Hawa Nafsu melainkan dengan Dalil Yang Shohih. 

🎀AD-DIINU AN-NASHIIHAH 🎀
Reposted by

®Rumah Dakwah Indonesia🇮🇩

Iklan