Bolehkah Shalat Dengan Pakaian Ada Noda Air Mani?”๐ŸŒบ๐ŸŒพ

๐Ÿ“ŒPertanyaan:

Assalamu’alaykum, ustadz ada pertanyaan

Ada pertanyaan ust. dr tmn.grup sblh.๐Ÿ˜Š
Seandainya kita dalam posisi kerja ya ustadz terus kita tidur dan mimpi basah .. Trus kita sholat subuh nih apa sholat kita sah? Krn keadaan tdk membawa baju ganti
mksdx tmn:
Iya mandi besar .. Tapi yg ana maksud kan pakaian ana ga ganti sedangkan di mani itu kan ada najisnya jd sah apa tdk kalau ana sholat tp pakaian nya ga ganti?

Azam I5
๐Ÿ“ŒJawaban:

Wa ‘alaikujussakam wa Rahmatullah wa Barakatuh.
Bismillah wal hamdulillah wash shalatu was salamu ‘ala Rasulillah wa ba’du:

๐Ÿ“• Apa itu air mani?

Imam Ibnu Qudamahย Rahimahullahย ย mengatakan:

ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุงุกู ุงู„ู’ุบูŽู„ููŠุธู ุงู„ุฏู‘ูŽุงููู‚ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ูŠูŽุฎู’ุฑูุฌู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงุดู’ุชูุฏูŽุงุฏู ุงู„ุดู‘ูŽู‡ู’ูˆูŽุฉู

๐Ÿ“ŒItu adalah air kental yang hangat yang keluar ketika begitu kuatnya syahwat.ย (Al Mughni, 1/197)

Lebih rinci lagi disebutkan dalam kitabย Dustur Al โ€˜Ulama:

ุงู„ู’ู…ูŽู†ููŠู‘ู ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุงุกู ุงู„ุฃู’ุจู’ูŠูŽุถู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ูŠูŽู†ู’ูƒูŽุณูุฑู ุงู„ุฐู‘ูŽูƒูŽุฑู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฎูุฑููˆุฌูู‡ู ูˆูŽูŠูŽุชูŽูˆูŽู„ู‘ูŽุฏู ู…ูู†ู’ู‡ู ุงู„ู’ูˆูŽู„ูŽุฏู

๐Ÿ“ŒAir mani adalah air berwarna putih yang membuatย ย  kemaluan lemas setelah keluarnya, dan terbentuknya bayi adalah berasal darinya.ย (Dustur Al โ€˜Ulama, 3/361)

๐Ÿ“—Apa perbedaannya dengan madzi?

Imam An Nawawi menjelaskan:

ูˆูŽุงู„ู’ููŽุฑู’ู‚ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุฐู’ูŠู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽู†ููŠู‘ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽู†ููŠู‘ูŽ ูŠูŽุฎู’ุฑูุฌู ุจูุดูŽู‡ู’ูˆูŽุฉู ู…ูŽุนูŽ ุงู„ู’ููุชููˆุฑู ุนูŽู‚ููŠุจูŽู‡ู ุŒ ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ู…ูŽุฐู’ูŠู ููŽูŠูŽุฎู’ุฑูุฌู ุนูŽู†ู’ ุดูŽู‡ู’ูˆูŽุฉู ู„ุงูŽ ุจูุดูŽู‡ู’ูˆูŽุฉู ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูŽุนู’ู‚ูุจูู‡ู ููุชููˆุฑูŒ

๐Ÿ“ŒPerbedaan antara madzi dan mani adalah, bahwa mani keluar dibarengi dengan syahwat dan keadaan lemas setelah keluarnya, ada pun madzi bisa keluar dengan syahwat dan tanpa syahwat, dan tidak membuat lemas setelah keluarnya.ย (Al Majmuโ€™ Syarh Al Muhadzdzab, 2/141,Fathul Qadir, 1/42)

๐Ÿ“˜ Suci atau Najis?

Para ulama berselisih tentang kenajisannya, tetapi yang lebih kuat adalah suci, namun dianjurkan untuk mencuci atau mengeriknya jika terkena olehnya, apalagi jika akan digunakan untuk shalat.

Syaikh Sayyid Sabiqย Rahimahullahย berkata:

ุฐู‡ุจ ุจุนุถ ุงู„ุนู„ู…ุงุก ุฅู„ู‰ ุงู„ู‚ูˆู„ ุจู†ุฌุงุณุชู‡ ูˆุงู„ุธุงู‡ุฑ ุฃู†ู‡ ุทุงู‡ุฑุŒ ูˆู„ูƒู† ูŠุณุชุญุจ ุบุณู„ู‡ ุฅุฐุง ูƒุงู† ุฑุทุจุงุŒ ูˆูุฑูƒู‡ ุฅู† ูƒุงู† ูŠุงุจุณุง

๐Ÿ“ŒSebagian ulama berpendapat bahwa mani adalah najis, yang benar adalah dia suci, tetapi dianjurkan untuk mencucinya jika masih basah, dan mengeriknya jika dia kering.ย (Fiqhus Sunnah, 1/27)

โ–ถ Kalangan Hanafiyah dan Malikiyah menyatakan najis, ini juga menjadi pendapat Abu Hurairah, Hasan Al Bashri, dan lainnya.ย  Alasannya:

Hadits dari Sulaiman bin Yasar, katanya:

ุณูŽุฃูŽู„ู’ุชู ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ู…ูŽู†ููŠู‘ู ูŠูุตููŠุจู ุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุจูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ูƒูู†ู’ุชู ุฃูŽุบู’ุณูู„ูู‡ู ู…ูู†ู’ ุซูŽูˆู’ุจู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽูŠูŽุฎู’ุฑูุฌู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ูˆูŽุฃูŽุซูŽุฑู ุงู„ู’ุบูŽุณู’ู„ู ูููŠ ุซูŽูˆู’ุจูู‡ู ุจูู‚ูŽุนู ุงู„ู’ู…ูŽุงุกู

๐Ÿ“Œย Aku bertanya kepada โ€˜Aisyah tentang air mani yang mengenai pakaian, beliau berkata: โ€œAku pernah mencucinya dari pakaian Rasulullahย Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, lalu dia keluar untuk shalat, dan bekas cuciannya masih ada di pakaiannya.โ€ย (HR. Bukhari No. 230, Muslim No. 289, ini menurut lafaz Bukhari)

Menurut kelompok ini, sangat jelas bahwa mani adalah najis, sebab tidak mungkin dicuci jika bukan najis. Disebutkan dalam ย beberapa kitab:

ูˆูŽุฌู’ู‡ู ุงู„ุฏู‘ูŽู„ุงูŽู„ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ู‚ูŽุฏู’ ุบูŽุณูŽู„ูŽุชู ุงู„ู’ู…ูŽู†ููŠู‘ูŽ ู…ูู†ู’ ุซูŽูˆู’ุจู ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุบูุณู’ู„ ุดูŽุฃู’ู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุฌูŽุงุณูŽุงุชู ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุนูŽู„ูู…ูŽ ุจูู‡ูŽุฐูŽุง ููŽุฃูŽู‚ูŽุฑู‘ูŽู‡ู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู‚ูู„ ู„ูŽู‡ูŽุง ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุทูŽุงู‡ูุฑูŒ ูˆูŽู„ุฃูู†ู‘ูŽู‡ู ุฎูŽุงุฑูุฌูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุญูŽุฏู ุงู„ุณู‘ูŽุจููŠู„ูŽูŠู’ู†ู ููŽูƒูŽุงู†ูŽย ู†ูŽุฌูุณู‹ุง ูƒูŽุณูŽุงุฆูุฑู ุงู„ู†ู‘ูŽุฌูŽุงุณูŽุงุชู

๐Ÿ“ŒSisi pendalilan dari hadits ini adalah bahwa โ€˜Asiyahย Radhiallahu โ€˜Anhaย telah mencuci mani dari pakaian Rasulullahย Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, dan kebiasaan mencuci itu terjadi pada hal-hal yang najis, Rasulullahย Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallamย juga tahu hal itu dan menyetujuinya, dan Beliau tidak mengatakan suci, disamping itu karena mani keluar dari salah satu di antara dua jalan (dua jalan: dubur dan kemaluan), maka dia najis seperti najis-najis lainnya.ย (Badaโ€™i Shanaโ€™i, 1/60,Tabyinul Haqaiq, 1/71,ย Al Binayah โ€˜alal Hidayah, 1/722,ย Intishar Al Faqir As Saalik, Hal. 256)

Dalil lainnya adalah hadits:

ูŠุง ุนู…ุงุฑ ุฅู†ู…ุง ูŠุบุณู„ ุงู„ุซูˆุจ ู…ู† ุฎู…ุณ ู…ู† ุงู„ุบุงุฆุท ูˆุงู„ุจูˆู„ ูˆุงู„ู‚ูŠุก ูˆุงู„ุฏู… ูˆุงู„ู…ู†ูŠ

๐Ÿ“ŒWahai โ€˜Ammar, sesungguhnya pakaian dicuci karena lima hal: tinja, kencing, muntah, dan darah, dan mani.ย (HR. Ad Daruquthni, 1/127)

Imam Az Zailaโ€™iย Rahimahullahย menyebutkan:

ูˆูŽุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽู†ููŠู‘ู ูŠูุตููŠุจู ุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุจูŽ ุฅู†ู’ ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู‡ ููŽุงุบู’ุณูู„ู’ู‡ู ุŒ ูˆูŽุฅูู„ู‘ูŽุง ููŽุงุบู’ุณูู„ู’ ุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุจูŽ ูƒูู„ู‘ูŽู‡ู ุŒ ูˆูŽุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูŽู†ููŠู‘ู ุจูู…ูŽู†ู’ุฒูู„ูŽุฉู ุงู„ู’ุจูŽูˆู’ู„ู

๐Ÿ“ŒDari Abu Hurairahย Radhiallahu โ€˜Anhuย tentang mani yang mengenai pakaian: Jika saya melihatnya maka saya akan mencucinya, jika tidak maka saya akan cuci semua bagiannya. Dari Al Hasan Al Bashri: ari mani sama kedudukannya dengan kencing.ย (Tabyinul Haqaiq, 1/337)

โ–ถ Ulama lain mengatakan mani adalah suci, dan ini menjadi pendapat Syafiโ€™iyah, Hambaliyah, Imam Asy Syaukani, Syaikh Yusuf Al Qaradhawi, dan lainnya.

Alasan mereka adalah hadits โ€˜Aisyahย Radhiallahu โ€˜Anhaย di atas bahwa Beliau mencuci air mani tidak berarti mani itu najis, tetapi sekedar kotor saja, sebagaimana pakaian yang terkena dahak, debu, dan semisalnya. โ€œMencuciโ€ tidak selalu karena ada najisnya, sebab aktifitas mencuci biasanya akan dilakukan terhadap benda-benda yang dianggap sudah kotor atau kena kotoran. Ditambah lagi, pencucian itu adalah inisiatif โ€˜Aisyah sebagai istrinya yang memang biasa mencuci pakaian suaminya, bukan atas perintah Nabiย Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam, jikalau najis tentu Allah dan RasulNya akan menerangkannya, bukan melalui penafsiranย  perbuatan โ€˜Aisyah.

Alasan lain adalahย ย dari Ibnu Abbas ketikaย  Rasulullahย Shallalalhu โ€˜Alaihi wa Sallamย ditanya tentang mani, beliau bersabda:

ุฅู†ู‘ูŽู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ ุจูู…ูŽู†ู’ุฒูู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูุฎูŽุงุทู ูˆูŽุงู„ู’ุจูุฒูŽุงู‚ู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ูŠูŽูƒู’ูููŠูƒูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽู…ู’ุณูŽุญูŽู‡ู ุจูุฎูุฑู’ู‚ูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ุจูุฅูุฐู’ุฎูุฑูŽุฉู

๐Ÿ“Œย ย ย ย ย ย โ€œItu hanyalah sebagaimana ingus dan ludah, kamu cukup mengelapnya dengan sehelai kainย  atau dedaunan.โ€ย (HR. Ad Daruquthni, 1/124)

Imam Ad Daruquthni berkata:

ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฑู’ููŽุนู’ู‡ู ุบูŽูŠู’ุฑู ุฅูุณู’ุญูŽุงู‚ูŽ ุงู„ุฃูŽุฒู’ุฑูŽู‚ู ุนูŽู†ู’ ุดูŽุฑููŠูƒู ุนูŽู†ู’ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ู‡ููˆูŽ ุงุจู’ู†ู ุฃูŽุจูู‰ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽู‰ ุซูู‚ูŽุฉูŒ ููู‰ ุญููู’ุธูู‡ู ุดูŽู‰ู’ุกูŒ

๐Ÿ“Œย ย ย ย ย Tidak ada yang memarfuโ€™kan selain Ishaqย Al Azraq, dari Syarik, dari Muhammad bin Abdirrahman, dia adalah Ibnu Abi Laila, terpercaya namun hafalannya bermasalah.ย ย (Ibid)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyahย Rahimahullahย mengutip dari para ulama:

ู‚ูŽุงู„ููˆุง : ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ู„ูŽุง ูŠูŽู‚ู’ุฏูŽุญู ุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฅุณู’ุญูŽุงู‚ูŽ ุจู’ู†ูŽ ูŠููˆุณูููŽ ุงู„ู’ุฃูŽุฒู’ุฑูŽู‚ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏู ุงู„ู’ุฃูŽุฆูู…ู‘ูŽุฉู

๐Ÿ“Œโ€œMereka mengatakan: Hal itu tidaklah menodainya, sebab Ishaq bin Yusuf al Azraq adalah salah seorang Imam.โ€ย ย ย (Fatawa Al Kubra,ย 1/409)

Imam Asy Syaukaniย Rahimahullahย mengatakan:

ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ู„ูŽุง ูŠูŽุถูุฑู‘ู ุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฅูุณู’ุญูŽุงู‚ูŽ ุฅู…ูŽุงู…ูŒ ู…ูุฎูŽุฑู‘ูŽุฌูŒ ุนูŽู†ู’ู‡ู ูููŠ ุงู„ุตู‘ูŽุญููŠุญูŽูŠู’ู†ู ููŽูŠูู‚ู’ุจูŽู„ ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ูˆูŽุฒููŠูŽุงุฏูŽุชูู‡ู

๐Ÿ“Œโ€œHal itu tidak masalah, karena Ishaq adalah seorang Imam, riwayatnya dipakai dalam shahihainย (Bukhari-Muslim) maka dapat diterima permarfuโ€™annya dan tambahannya.โ€ย (Nailul Authar, 1/65)

Dengan kata lain, hadits di atasย maqbulย (dapat diterima)ย kemarfuโ€™annya sampai Rasulullahย Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam.[1]

Berkata Imam Asy Syafiโ€™iย Radhiallahu โ€˜Anhu:

ู‚ุงู„ ุงู„ุดุงูุนูŠ :ย ยซ ุงู„ู…ู†ูŠ ู„ูŠุณ ุจู†ุฌุณ ุŒ ู„ุฃู† ุงู„ู„ู‡ ุฌู„ ุซู†ุงุคู‡ ุŒ ุฃูƒุฑู… ู…ู† ุฃู† ูŠุจุชุฏุฆ ุฎู„ู‚ ู…ู† ูƒุฑู…ู‡ ุŒ ูˆุฌุนู„ ู…ู†ู‡ู… ุงู„ู†ุจูŠูŠู† ุŒ ูˆุงู„ุตุฏูŠู‚ูŠู† ุŒ ูˆุงู„ุดู‡ุฏุงุก ุŒ ูˆุงู„ุตุงู„ุญูŠู† ุŒ ูˆุฃู‡ู„ ุฌู†ุชู‡

๐Ÿ“Œโ€œMani bukanlah najis, karena Allah Taโ€™ala telah memuliakannya dengan permulaan penciptaan, darinya pula diciptakan para nabi, shiddiqin, syuhada, shalihin, dan penduduk surga.โ€ย ย (Imam Al Baihaqi,ย Maโ€™alim As Sunan wal Atsarย No. 1349)

Imam Ash Shanโ€™aniย Rahimahullahย mengatakan:

ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ูŽุฉู : ุงู„ู’ู…ูŽู†ููŠู‘ู ุทูŽุงู‡ูุฑูŒ ุŒ ูˆูŽุงุณู’ุชูŽุฏูŽู„ู‘ููˆุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุทูŽู‡ูŽุงุฑูŽุชูู‡ู ุจูู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ุฃูŽุญูŽุงุฏููŠุซู ู‚ูŽุงู„ููˆุง : ูˆูŽุฃูŽุญูŽุงุฏููŠุซู ุบูŽุณู’ู„ูู‡ู ู…ูŽุญู’ู…ููˆู„ูŽุฉูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุฏู’ุจู ุŒ ูˆูŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุงู„ู’ุบูŽุณู’ู„ู ุฏูŽู„ููŠู„ู ุงู„ู†ู‘ูŽุฌูŽุงุณูŽุฉู ุŒ ููŽู‚ูŽุฏู’ ูŠูŽูƒููˆู†ู ู„ูุฃูŽุฌู’ู„ู ุงู„ู†ู‘ูŽุธูŽุงููŽุฉู ูˆูŽุฅูุฒูŽุงู„ูŽุฉู ุงู„ุฏู‘ูŽุฑูŽู†ู ูˆูŽู†ูŽุญู’ูˆูู‡ู ุ› ู‚ูŽุงู„ููˆุง : ูˆูŽุชูŽุดู’ุจููŠู‡ูู‡ู ุจูุงู„ู’ุจูุฒูŽุงู‚ู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุฎูŽุงุทู ุฏูŽู„ููŠู„ู ุทูŽู‡ูŽุงุฑูŽุชูู‡ู ุฃูŽูŠู’ุถู‹ุง

๐Ÿ“ŒGolongan Asy Syafiโ€™iyyah mengatakan, โ€œMani adalah suci,โ€ mereka berdalil tentang kesuciannya berdasarkan hadits-hadits tersebut. Mereka mengatakan: โ€˜Hadits-hadits yang menunjukkan mencuci mani mengandung arti anjuran, bukan berarti mencuci adalah dalil atas kenajisannya, melainkan sekedar membersihkan dan menghilangkan sesuatu yang kotor dan lainnya. Mereka mengatakan: โ€œDiserupakannya mani dengan ludah dan ingus juga merupakan dalil atas kesuciannya.โ€(Subulus Salam, 1/38)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyahย Rahimahullahย berkata:

ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุฒูŽุงู„ููˆู†ูŽ ูŠูŽุญู’ุชูŽู„ูู…ููˆู†ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽู†ูŽุงู…ู ููŽุชูุตููŠุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽุงุจูŽุฉู ุฃูŽุจู’ุฏูŽุงู†ูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽุซููŠูŽุงุจูŽู‡ูู…ู’ ููŽู„ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู’ุบูุณู’ู„ู ูˆูŽุงุฌูุจู‹ุง ู„ูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽุฃู’ู…ูุฑู ุจูู‡ู ู…ูŽุนูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฃู’ู…ูุฑู’ ุฃูŽุญูŽุฏู‹ุง ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽ ุจูุบูŽุณู’ู„ู ู…ูŽุง ุฃูŽุตูŽุงุจูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ู…ูŽู†ููŠู‘ู ู„ูŽุง ูููŠ ุจูŽุฏูŽู†ูู‡ู ูˆูŽู„ูŽุง ูููŠ ุซููŠูŽุงุจูู‡ู ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽู…ูŽุฑูŽ ุงู„ู’ุญูŽุงุฆูุถูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุบู’ุณูู„ูŽ ุฏูŽู…ูŽ ุงู„ู’ุญูŽูŠู’ุถู ู…ูู†ู’ ุซูŽูˆู’ุจูู‡ูŽุง ูˆูŽู…ูŽุนู’ู„ููˆู…ูŒ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฅุตูŽุงุจูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽุงุจูŽุฉู ุซููŠูŽุงุจูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑู ู…ูู†ู’ ุฅุตูŽุงุจูŽุฉู ุฏูŽู…ู ุงู„ู’ุญูŽูŠู’ุถู ุซููŠูŽุงุจูŽ ุงู„ู†ู‘ูุณูŽุงุกู ููŽูƒูŽูŠู’ููŽ ูŠูุจูŽูŠู‘ูู†ู ู‡ูŽุฐูŽุง ู„ูู„ู’ุญูŽุงุฆูุถู ูˆูŽูŠูŽุชู’ุฑููƒู ุจูŽูŠูŽุงู†ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ุญููƒู’ู…ู ุงู„ู’ุนูŽุงู…ู‘ู ุŸ

๐Ÿ“Œโ€œSesungguhnya para sahabat senantiasa bermimpi (basah), maka badan dan pakaian mereka mengalami junub (kena mani), seandainya mencuci itu wajib maka Nabiย Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallamย pasti akan memerintahkannya, namun nyatanya tidak satu pun dari kaum muslimin yang diperintahkan untuk mencuci mani yang mengenai badan dan pakaian mereka. Beliau telah memerintahkan wanita haid untuk mencuci darah haid yang ada pada pakaian. Telah diketahui bahwa pakaian manusia yang kena junub (mani) adalah lebih banyak dibanding darah haid yang mengenai pakaian wanita. Maka,ย  bagaimana bisa hal ini dijelaskan kepada wanita haid, namun tidak bahas hukumย  tersebut dalam hal ini?โ€ย (Majmuโ€™ Al Fatawa, 20/369)

Selain itu hadits yang berbunyi:

ูŠุง ุนู…ุงุฑ ุฅู†ู…ุง ูŠุบุณู„ ุงู„ุซูˆุจ ู…ู† ุฎู…ุณ ู…ู† ุงู„ุบุงุฆุท ูˆุงู„ุจูˆู„ ูˆุงู„ู‚ูŠุก ูˆุงู„ุฏู… ูˆุงู„ู…ู†ูŠ

๐Ÿ“ŒWahai โ€˜Ammar, sesungguhnya pakaian dicuci karena lima hal: tinja, kencing, muntah, dan darah, dan mani.ย (HR. Ad Daruquthni, 1/127)

Hadits ini tidak bisa dijadikan hujjah karena kedhaifannya. Berkata Imam Ad Daruquthni:

ู„ู… ูŠุฑูˆู‡ ุบูŠุฑ ุซุงุจุช ุจู† ุญู…ุงุฏ ูˆู‡ูˆ ุถุนูŠู ุฌุฏุง ูˆุฅุจุฑุงู‡ูŠู… ูˆุซุงุจุช ุถุนูŠูุงู†

๐Ÿ“ŒTidak ada yang meriwayatkan hadits ini selain Tsabit bin Hammad, dan dia sangat dhaif. Dan,ย  Ibrahim dan Tsabit adalah dua orang yang dhaif.ย (Sunan Ad Daruquthni, 1/127)

Imam Asy Syaukani mengatakan: โ€œHadits ini tidak bisa dijadikan hujjah karena telah mencapai derajatย dhaif.โ€ย (Sailul Jarar, 1/24)

Imam An Nawawi juga menyebutkan kedhaifan hadits ini, katanya:

ู‚ุงู„ย ุงู„ุจูŠู‡ู‚ู‰ ู‡ูˆ ุญุฏูŠุซ ุจุงุทู„ ู„ุง ุฃุตู„ ู„ู‡ ูˆุจูŠู† ุถุนูู‡ ุงู„ุฏุงุฑู‚ุทู†ูŠ ูˆุงู„ุจูŠู‡ู‚ู‰

๐Ÿ“ŒBerkata Al Baihaqi, hadits ini batil, tidak ada dasarnya, dan kedhaifannya telah dijelaskan oleh Ad Daruquthni dan Al Baihaqi.ย (Al Majmuโ€™ Syarh Al Muhadzdzab, 2/549)

๐Ÿ”‘Dengan demikian, pandangan yang lebih kuat adalah yang menyebutkan bahwa air mani adalah suci, mengimgat tidak ada dalil yang shahih dan sharih/lugas yang menyatakan kenajisannya. Sehingga tetap boleh menggunaannya dalam shalat. Namun, tetap dianjurkan baginya membersihkan dahulu atau mengganti saja dengan pakaian yang lebih baik.

Wallahu A’lam

๐ŸŒฟ๐ŸŒป๐ŸŒฟ๐ŸŒป๐ŸŒฟ

[1]ย Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa hadits tersebut hanyaย mauqufsebagai ucapan (fatwa) Ibnu Abbasย Radhiallahu โ€˜Anhuma,ย bukanย marfuโ€™ย :

ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽู‚ููˆู„ู: ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ููุชู’ูŠูŽุง ููŽู‡ููŠูŽ ุซูŽุงุจูุชูŽุฉูŒ ุนูŽู†ู’ ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณูุŒ ูˆูŽู‚ูŽุจู’ู„ูŽู‡ู ุณูŽุนู’ุฏู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ูˆูŽู‚ู‘ูŽุงุตูุŒ ุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ู ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู ูููŠ ูƒูุชูุจูู‡ูู…ู’ุŒ ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุฑูŽูู’ุนูู‡ู ุฅู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ: ููŽู…ูู†ู’ูƒูŽุฑูŒ ุจูŽุงุทูู„ูŒุŒ ู„ูŽุง ุฃูŽุตู’ู„ูŽ ู„ูŽู‡ูุ› ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ูƒูู„ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ุฑูŽูˆูŽูˆู’ู‡ู ุนูŽู†ู’ ุดูŽุฑููŠูƒู ู…ูŽูˆู’ู‚ููˆูู‹ุง.

Saya katakan: fatwa ini adalahย tsabitย (pasti) dari Ibnu Abbas, dan sebelumnya dari Saโ€™d bin Abi Waqqash, hal itu disebutkan oleh Asy Syafiโ€™i dan selainnya dalam kitab-kitab mereka. Ada pun memarfuโ€™kan hadits ini sampai Nabiย Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallamย adalah munkar, dan tidak ada dasarnya, karena semua manusia meriwayatkannya dari Syarik secaraย mauquf.ย (Fatawa Al Kubra, 1/408)

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

Dipersembahkan oleh:
http://www.iman-islam.com

๐Ÿ’ผ Sebarkan! Raih pahala…

Iklan