Mengagungkan kehormatan seorang muslim itu dengan menunaikan hak-haknya. Seorang muslim mempunyai hak atas saudaranya sesama muslim, Bahkan hak-hak kepada sesama muslim telah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam terangkan pada banyak tempat dan kesempatan.

Dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu’anhu yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Hak muslim kepada muslim lainnya ada lima.
(1) Menjawab salam [dalam riwayat Imam Muslim, “Jika engkau bertemu saudaramu muslim, ucapkanlah salam”; maksudnya, memulai salam),
(2) menjenguk yang sakit,
(3) mengantar jenazah muslim,
(4) menghadiri undangan,
(5) mendoakan yang bersin.”

Dalam hadits tersebut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menerangkan kepada kita agar mengagungkan kehormatan seorang muslim. Yang pertama adalah salam. Rasulullah mengajarkan bagaimana memulai salam: anak kecil kepada orang yang lebih tua, orang yang berjalan kepada yang sedang duduk. Dan salam itu disyariatkan oleh Allah dan RasulNya, baik yang memulai maupun yang menjawabnya.
Adapun dari sisi hukum, memulai salam adalah sunnah dan menjawabnya adalah wajib. Begitu besar faedah salam, sampai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak akan masuk Surga sampai kalian beriman dan tidak beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan sesuatu yang apabila kalian amalkan maka kalian saling mencintai: sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Iklan