Q.S AL MUZAMMIL :20📖

Al Muzammil 19-20
73:20 ۞ إِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُومُ أَدْنَىٰ مِنْ ثُلُثَيِ اللَّيْلِ وَنِصْفَهُ وَثُلُثَهُ وَطَائِفَةٌ مِنَ الَّذِينَ مَعَكَ ۚ وَاللَّهُ يُقَدِّرُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ ۚ عَلِمَ أَنْ لَنْ تُحْصُوهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ ۚ عَلِمَ أَنْ سَيَكُونُ مِنْكُمْ مَرْضَىٰ ۙ وَآخَرُونَ يَضْرِبُونَ فِي الْأَرْضِ يَبْتَغُونَ مِنْ فَضْلِ اللَّهِ ۙ وَآخَرُونَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ ۚ وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَقْرِضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ هُوَ خَيْرًا وَأَعْظَمَ أَجْرًا ۚ وَاسْتَغْفِرُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

📖Q.S AL MUDATSIR: 1-17📖
74:1 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ

Hai orang yang berkemul (berselimut),

74:2 قُمْ فَأَنْذِرْ

bangunlah, lalu berilah peringatan!

74:3 وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ

dan Tuhanmu agungkanlah!

74:4 وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ

dan pakaianmu bersihkanlah,

74:5 وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ

dan perbuatan dosa tinggalkanlah,

74:6 وَلَا تَمْنُنْ تَسْتَكْثِرُ

dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak.

74:7 وَلِرَبِّكَ فَاصْبِرْ

Dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu, bersabarlah.

74:8 فَإِذَا نُقِرَ فِي النَّاقُورِ

Apabila ditiup sangkakala,

74:9 فَذَٰلِكَ يَوْمَئِذٍ يَوْمٌ عَسِيرٌ

maka waktu itu adalah waktu (datangnya) hari yang sulit,

74:10 عَلَى الْكَافِرِينَ غَيْرُ يَسِيرٍ

bagi orang-orang kafir lagi tidak mudah.

74:11 ذَرْنِي وَمَنْ خَلَقْتُ وَحِيدًا

Biarkanlah Aku bertindak terhadap orang yang Aku telah menciptakannya sendirian.

74:12 وَجَعَلْتُ لَهُ مَالًا مَمْدُودًا

Dan Aku jadikan baginya harta benda yang banyak,

74:13 وَبَنِينَ شُهُودًا

dan anak-anak yang selalu bersama dia,

74:14 وَمَهَّدْتُ لَهُ تَمْهِيدًا

dan Ku-lapangkan baginya (rezeki dan kekuasaan) dengan selapang-lapangnya,

74:15 ثُمَّ يَطْمَعُ أَنْ أَزِيدَ

kemudian dia ingin sekali supaya Aku menambahnya.

74:16 كَلَّا ۖ إِنَّهُ كَانَ لِآيَاتِنَا عَنِيدًا

Sekali-kali tidak (akan Aku tambah), karena sesungguhnya dia menentang ayat-ayat Kami (Al Quran).

74:17 سَأُرْهِقُهُ صَعُودًا

Aku akan membebaninya mendaki pendakian yang memayahkan

⭐🌠⭐🌠⭐🌠⭐🌠⭐🌠

🌕AL MUZAMMIL🌕

Tadabbur Ayat

Ayat 20 menjelaskan beberapa hal:
– Meskipun sholat malam (tahajjud) itu amat besar keutamaannya, namun Allah tidak mewajibkannya. Boleh ditinggalkan atau boleh diringankan pelaksanaannya bagi orang yang sakit, atau karena sibuk mencari nafkah, atau sedang berjihad menegakkan agama.
– Hendaknya dalam melaksanakan sholat, membaca ayat-ayat Al Quran yang mudah-mudah saja.
– Mendirikan sholat 5 waktu, menunaikan zakat, dan membelanjakan hartanya untuk menegakkan agama Allah adalah kewajiban perseorangan yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
– Apa saja kebaikan yang kamu lakukan, Allah pasti membalasnya dengan yang lebih baik lagi. Dan perbanyak mohon ampun kepada Allah, agar hati dan pikiranmu semakin bersih dari dosa dan kesalahan, dan kamu semakin dekat padaNya.

🌕QS.AL MUDDATSTSIR🌕

Tadabbur Ayat

Ayat 1 – 7 menjelaskan bahwa setiap diri berkewajiban berdakwah menyiarkan agama Allah. Agar dakwahnya berhasil dengan baik, ada beberapa petunjuk yang perlu diperhatikan:
– Bertujuan membesarkan Allah
– Membersihkan badan, pakaian, lingkungan dari najis dan kotoran. Juga menjaga keluhuran budi dari prilaku dosa dan sifat tercela.
– Tidak mengharap imbalan dari manusia.
– Bersabar dari berbagai rintangan dan masalah.

Ayat 8 – 17 menerangkan bahwa ketika hari kiamat telah tiba, itu merupakan hari yang tersulit bagi orang-orang kafir yang sebelumnya mereka sudah dikasih peringatan, kesempatan, dan nikmat-nikmat yang banyak. Pada hari itu Allah adzab mereka dengan siksaan yang memayahkan.

📚Tadabbur by team Asatidz

📲Sosmed:
🌝Email:odoatiara1@gmail.com

Iklan