๐Ÿ“† 

Hal- Hal Yang Dimakruhkan Dalam Shalat (Bag. 4)

๐Ÿ“ Ustadz Farid Nu’man Hasan, SS.

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ 
7โƒฃ .       Menutup Mulut dan Menjulurkan Kain Sarung/Gamis/Celana Panjang Hingga Ke Tanah
ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ู‚ุงู„:  ู†ู‡ู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนู† ุงู„ุณุฏู„ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉุŒ ูˆุฃู† ูŠุบุทูŠ ุงู„ุฑุฌู„ ูุงู‡
โ€œDari Abu Hurairah, katanya: โ€œRasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam melarang menjulurkan kain ke bawah ketika shalat dan seseorang menutup mulutnya.โ€ (HR.  Abu Daud No. 643, Al Baihaqi, As Sunan Al Kubra,  No. 3125, Ibnu Khuzaimah No. 772,  dan Hakim No. 631, katanya shahih sesuai syarat  Bukhari dan Muslim. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahihul Jamiโ€™ No. 6883)
๐Ÿ“ŒApa Maksudnya?

ู‚ุงู„ ุงู„ุฎุทุงุจูŠ: ุงู„ุณุฏู„ ุฅุฑุณุงู„ ุงู„ุซูˆุจ ุญุชู‰ ูŠุตูŠุจ ุงู„ุงุฑุถุŒ ูˆู‚ุงู„ ุงู„ูƒู…ุงู„ ุจู† ุงู„ู‡ู…ุงู…: ูˆูŠุตุฏู‚ ุฃูŠุถุง ุนู„ู‰ ู„ุจุณ ุงู„ู‚ุจุงุก ู…ู† ุบูŠุฑ ุฅุฏุฎุงู„ ุงู„ูŠุฏูŠู† ููŠ ูƒู…ู‡.

Berkata Al Khathabi: Menurunkan kain maksudnya menjulurkannya hingga menggeser di tanah. Berkata Kamaluddin Al Hummam: Termasuk dalam hal ini adalah mengenakan baju tanpa memasukkan tangan ke lobang tangannya. (Fiqhus Sunnah, 1/270)
๐Ÿ“ŒImam At Tirmidzi Rahimahullah mengatakan:

ูˆู‚ุฏ ุงุฎุชู„ู ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… ููŠ ุงู„ุณุฏู„ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ. ููƒุฑู‡ ุจุนุถู‡ู… ุงู„ุณุฏู„ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆู‚ุงู„ูˆุง ู‡ูƒุฐุง ุชุตู†ุน ุงู„ูŠู‡ูˆุฏ ูˆู‚ุงู„ ุจุนุถู‡ู…: ุฅู†ู…ุง ูƒุฑู‡ ุงู„ุณุฏู„ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุฅุฐุง ู„ู… ูŠูƒู† ุนู„ูŠู‡ ุฅู„ุง ุซูˆุจ ูˆุงุญุฏุŒ ูุฃู…ุง ุฅุฐุง ุณุฏู„ ุนู„ู‰ ุงู„ู‚ู…ูŠุต ูู„ุง ุจุฃุณ ูˆู‡ูˆ ู‚ูˆู„ ุฃุญู…ุฏ. ูˆูƒุฑู‡ ุงุจู† ุงู„ู…ุจุงุฑูƒ ุงู„ุณุฏู„ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ.

โ€œPara ulama telah berbeda pendapat tentang menjulurkan kain dalam shalat. Sebagian mereka memakruhkannya, mereka mengatakan itu adalah perbuatan Yahudi. Sebagian lain mengatakan bahwasanya pemakruhan itu hanya jika menggunakan satu pakaian saja, ada pun jika  yang dijulurkan pakaian itu adalah sebagai bagian luar dari gamis, maka tidak apa-apa, ini adalah pendapat Ahmad. Ibnul Mubarak memakruhakan menjulurkan kain dalam shalat.โ€  (Sunan At Tirmidzi No. 376)
8โƒฃ .       Shalat Ketika Makanan Telah Tersedia Dan Menahan Buang Air Besar dan  Buang Air Kecil
๐Ÿ“ŒDari โ€˜Aisyah Radhiallah โ€˜Anha bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ู„ูŽุง ุตูŽู„ูŽุงุฉูŽ ุจูุญูŽุถู’ุฑูŽุฉู ุงู„ุทูŽู‘ุนูŽุงู…ู ูˆูŽู„ูŽุง ู‡ููˆูŽ ูŠูุฏูŽุงููุนูู‡ู ุงู„ู’ุฃูŽุฎู’ุจูŽุซูŽุงู†ู

โ€œTidak ada shalat ketika makanan sudah terhidangkan, dan menahan dua hal yang paling busuk (menahan buang air besar dan kencing).โ€ (HR. Muslim No. 559, Abu Daud No. 89, Al Baihaqi, As Sunan Al Kubra No. 4816, Ibnu Khuzaimah No. 933,  Ibnu Hibban No. 2072, dari Abu Hurairah, tanpa kalimat: โ€œtidak ada shalat ketika makanan sudah terhidangkan.โ€)
๐Ÿ“ŒHadits ini diperkuat oleh hadits berikut:        

ุนูŽู†ู’ ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฅูุฐูŽุง ูˆูุถูุนูŽ ุนูŽุดูŽุงุกู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูู‚ููŠู…ูŽุชู’ ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ููŽุงุจู’ุฏูŽุกููˆุง ุจูุงู„ู’ุนูŽุดูŽุงุกู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุนู’ุฌูŽู„ู’ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽูู’ุฑูุบูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ูŠููˆุถูŽุนู ู„ูŽู‡ู ุงู„ุทูŽู‘ุนูŽุงู…ู ูˆูŽุชูู‚ูŽุงู…ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ููŽู„ูŽุง ูŠูŽุฃู’ุชููŠู‡ูŽุง ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽูู’ุฑูุบูŽ ูˆูŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽูŠูŽุณู’ู…ูŽุนู ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู

              Dari Ibnu Umar dia berkata, Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda: โ€œJika telah dihidangkan makan malam, dan waktu shalat telah datang, maka mulailah makan malam dan jangan tergesa-gesa sampai selesai.โ€  Ibnu Umar pernah dihidangkan makan dan shalat tengah didirikan, namun dia tidak mengerjakannya sampai dia menyelesaikan makannya, dan dia benar-benar mendengar bacaan  Imam.โ€ (HR. Bukhari No. 640,641,642, Muslim No. 557, 558,559, 560.  Ibnu Majah No. 933, 934)
๐Ÿ“ŒImam An Nawawi  Rahimahullah berkata:

ูููŠ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ุฃูŽุญูŽุงุฏููŠุซ ูƒูŽุฑูŽุงู‡ูŽุฉ ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉ ุจูุญูŽุถู’ุฑูŽุฉู ุงู„ุทูŽู‘ุนูŽุงู… ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ูŠูุฑููŠุฏ ุฃูŽูƒู’ู„ู‡ ุŒ ู„ูู…ูŽุง ูููŠู‡ู ู…ูู†ู’ ุงูุดู’ุชูุบูŽุงู„ ุงู„ู’ู‚ูŽู„ู’ุจ ุจูู‡ู ุŒ ูˆูŽุฐูŽู‡ูŽุงุจ ูƒูŽู…ูŽุงู„ู ุงู„ู’ุฎูุดููˆุน ุŒ ูˆูŽูƒูŽุฑูŽุงู‡ูŽุชู‡ูŽุง ู…ูŽุนูŽ ู…ูุฏูŽุงููŽุนูŽุฉ ุงู„ู’ุฃูŽุฎู’ุจูŽุซููŠู†ูŽ ูˆูŽู‡ูู…ูŽุง : ุงู„ู’ุจูŽูˆู’ู„ ูˆูŽุงู„ู’ุบูŽุงุฆูุท ุŒ ูˆูŽูŠูŽู„ู’ุญูŽู‚ ุจูู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ูููŠ ู…ูŽุนู’ู†ูŽุงู‡ู ูŠูŽุดู’ุบูŽู„ ุงู„ู’ู‚ูŽู„ู’ุจ ูˆูŽูŠูุฐู’ู‡ูุจ ูƒูŽู…ูŽุงู„ ุงู„ู’ุฎูุดููˆุน

       โ€œHadits-hadits ini menunjukkan kemakruhan melaksanakan shalat ketika makanan yang diinginkan  telah tersedia, karena hal itu akan membuat hatinya terganggu, dan hilangnya kesempurnaan khusyuโ€™, dan juga dimakruhkan melaksanakan shalat ketika menahan dua hal yang paling busuk, yaitu kencing dan buang air besar.  Karena hal ini mencakup makna menyibukkan hati dan hilangnya kesempurnaan khusyuโ€™.โ€ (Al Minhaj Syarh   Shahih  Muslim,  2/321. Mawqiโ€™ Ruh Al Islam)  

๐Ÿ“Œ          Bahkan kalangan madzhab Zhahiriyah menganggap batal shalat dalam keadaan seperti itu:

ูˆูŽู†ูŽู‚ูŽู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุงุถููŠ ุนููŠูŽุงุถ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ ุงู„ุธูŽู‘ุงู‡ูุฑ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ูŽุง ุจูŽุงุทูู„ูŽุฉ  

            โ€œDinukil  oleh Al Qadhi โ€˜Iyadh dari ahluzh zhahir, bahwa hal  itu batal shalatnya.โ€ (โ€˜Aunul Maโ€™bud, 1/113. Syamilah)
๐Ÿ”นBersambung๐Ÿ”น
๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน
Dipersembahkan:

http://www.iman-islam.com
๐Ÿ’ผ Sebarkan! Raih pahala…

Iklan