Larangan Keras, Tidak Bersuci Dari Air Kencing

๐Ÿ€ Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Abbas ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡, ia berkata: Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… melewati salah satu kebun di kota Madinah.

Beliau mendengar suara dua orang manusia yang sedang disiksa dalam kubur mereka. Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… bersabda,

ูŠุนุฐุจุงู† ูˆู…ุง ูŠุนุฐุจุงู† ููŠ ูƒุจูŠุฑ ุŒ ุซู… ู‚ุงู„: ุจู„ู‰ุŒ ูƒุงู† ุฃุญุฏู‡ู…ุง ู„ุง ูŠุณุชุชุฑ ู…ู† ุจูˆู„ู‡ุŒ ูˆูƒุงู† ุงู„ุขุฎุฑ ูŠู…ุดูŠ ุจุงู„ู†ู…ูŠู…ุฉุŒ ุซู… ุฏุนุง ุจุฌุฑูŠุฏุฉ ููƒุณุฑู‡ุง ูƒุณุฑุชูŠู† ููˆุถุน ุนู„ู‰ ูƒู„ ู‚ุจุฑ ู…ู†ู‡ู…ุง ูƒุณุฑุฉุŒ ูู‚ูŠู„ ู„ู‡: ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ู„ู… ูุนู„ุช ู‡ุฐุงุŸ ู‚ุงู„: ู„ุนู„ู‡ ุฃู† ูŠุฎูู ุนู†ู‡ู…ุง ู…ุง ู„ู… ุชูŠุจุณุง.

“Keduanya tidaklah disiksa karena perkara yang besar (di mata manusia).” “Bahkan (sebenarnya keduanya adalah perkara yang besar)!.

Salah seorang dari keduanya tidak melindungi diri dari air kencingnya, sedang yang satunya lagi suka menyebarkan namimah (adu domba).

Kemudian beliau meminta pelepah kurma, lalu membelahnya dua bagian setelah itu beliau letakkan di atas kubur keduanya. Ada yang bertanya: “Wahai Rasulullah, mengapa engkau berbuat seperti itu?” Beliau menjawab: “Mudah-mudahan diringankan adzab mereka berdua selama pelepah itu belum mengering.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

๐Ÿ€ Diriwayatkan dari Abu Hurairah ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ , ia berkata, Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… bersabda:
ุฃูƒุซุฑ ุนุฐุงุจ ุงู„ู‚ุจุฑ ู…ู† ุงู„ุจูˆู„

“Kebanyakan adzab kubur itu disebabkan air kencing.” (HR. Ahmad)

Faidah :

๐Ÿ‚ Air kencing adalah najis yang wajib disucikan jika terkena baju atau badan.

๐Ÿ‚ Tidak membersihkan diri dari air kencing termasuk dosa besar.

๐Ÿ‚ Tidak membersihkan diri dari air kencing membuat pelakunya berhak mendapat adzab kubur.

______________________

โ™ป WhatsApp@DakwahAlSofwa
๐Ÿ“ฑ +62 81 3336333 82

Iklan